Cara Mengatasi CPU 100% Pada Windows 10 Dengan Mudah


omiska.com - Banyak orang-orang pengguna operasi sistem windows mengalami CPU 100% yang sangat mengganggu, ini dikarenakan CPU yang terlalu panas dan menyebabkan laptop sangat lambat dan kadang-kadang dapat restar otomatis. Masalah ini datang bukan hanya pada laptop atau pc yang jarang dibersihkan, bahkan bagi laptop yang baru saja di install ulang pun bisa saja mengalami hal ini. Penyebabnya adalah dikarenakan pengguna melakukan multitasking yang membuat CPU tidak mampu memprosesnya sekaligus dan dalam beberapa kasus laptop akan merestart dengan sendirinya. Multitasking sebenarnya tidak disalahkan asalkan spesifikasi laptop anda tidak dibawah core i3 dan RAM yang digunakan pun melebihi 2 GB. Bagi anda yang memiliki laptop dengan spesifikasi rendah  atau dikatakan laptop kentang maka sebaiknya kurangi aktifitas multitasking karena lama kelamaan akan membuat CPU dapat melemah dan memungkinkan kerusakan Hardware lainnya. Namun, bagaimana jika sudah terjadi? dan bagaimana cara mengatasi CPU 100% pada windows 10?

#1 Janggan menggunakan laptop dalam jangka waktu yang sangat lama
Sama halnya seperti manusia, laptop juga membutuhkan yang namanya istirahat. Jika anda telah menggunakan laptop anda slama lebih dari 5 jam dan laptop anda terasa panas, ada baiknya berikan waktu untuk laptop anda istirahat. Selain itu anda juga dapat menggunakan aplikasi yang berfungsi sebagai monitoring kinerja laptop anda dan dapat membaca suhu.


#2 Lakukan scan virus pada laptop
Ini sangat jarang diperhatikan oleh pengguna laptop, padahal ini merupakan suatu tindakan yang sangat penting dalam merawat laptop anda agar selalu bekerja dengan optimal. Bkan hanya manusia saja yang butuh perawatan, laptop juga demikian. Anda dapat membersihkan virus menggunakan antivirus bawaan dari windows yaitu Windows Defender maupun aplikasi antivirus lainnya.


#3 Membersihkan sampah menggunakan Disk Cleanup
Sampah yang menumpuk pada laptop juga akan menyebabkan terjadinya CPU 100%, sesekali anda sebaiknya melakukan pembersihan pada laptop anda menggunakan tool bawaan yaitu Disk Cleanup, saya sudah membuat artikel nya, anda dapat membacanya Disini.


#4 Mengubah Power Plan menjadi High Performance
Ini dilakukan khusus bagi laptop saja, dengan mengubah Power Plan dengan mengaturnya menjadi High Performance operasi sistem akan mengeluarkan tenaga ekstra agar laptop anda bekerja dengan optimal. 

Masuk pada Control Panel >> klik Hardware and Sound >> klik pada Power Option lalu pilih High Performance.


NOTE : Jika anda memilih opsi ini baterai anda akan cepat terkuras.


#5 Mematikan aplikasi yang berjalan pada saat Start up
Mematikan aplikasi yang berjalan pada saat start up bertujuan untuk meminmalkan prosesor memproses tugas-tugasnya, selain itu dengan mematikan aplikasi tidak penting yang berjalan pada saat start up membuat laptop anda akan lebih cepat pada saat melakukan start up (Pada saat dihidupkan)

Jalankan RUN dengan cara menekan tombol WINDOWS +R >>  kemudian ketik msconfig >> OK
Lalu anda dapat Disable kan aplikasi yang tidak penting.

Selain itu anda juga dapat menggunakan Task Manager untuk mengatur aplikasi pada start up.

Tekan tombol CTRL + SHIFT + ESC Lalu klik pada startup pada bar lalu Disable aplikasi-aplikasi yang tidak penting.



Nah, begtulah cara mengatasi CPU 100% pada windows 10 dengan mudah, jika cara-cara diatas tidak dapat membantu ada baiknya anda segera mengecek Hardware pada laptop anda seperi RAM, Hardisk, dan Prosesor. Saya menyarankan kurangi penggunaan multitasking apalagi bagi anda yang memiliki laptop kentang seperti yang saya katakan diatas. Lakukan pembersihan dan scan virus secara teratur agar laptop anda dapat terhindar dari CPU 100% yang membuat laptop kian melambat.