Cara Melaporakan Video Yang Tak Pantas Di Youtube

Cara Melaporakan Video Yang Tak Pantas Di Youtube



omiska.com - Sebagai netizen seharusnya dapat dapat bersikap bijak jika melihat sesuatu yang tak pantas khususnya di media sosial, dalam hal adalah youtube. Seperti yang sering kita lihat pada media yang menyediakan video-video menarik ini banyak sekali video yang tak pantas untuk dipublikasikan. Video-video tak pantas itu biasaya seperti konten kekerasan, dewasa, menyesatkan, penipuan dan konten-konten yang mengarah ke negatif lainnya. 

Para netizen yang bijak akan melaporkan video-video yang tak pantas untuk dipublikasikan di youtube. Mengapa banyak konten negatif di youtube? seperti yang diketahui semua orang bisa meraup banyak uang di youtube dengan catatan suatu channel youtube harus lolos prsyaratan untuk dimonetisasi, dengan mengupload video-video berbau dewasa akan memudahkan para pembuat video mendapatkan viewes yang banyak, secara otomatis akan memungkinkan mereka mendapakan uang yang banyak juga bukan? 

Yaa memang konten dewasa itu tidak bisa dimonetisasikan, anda dapat melihat konten dewasa di youtube hampir semuanya tidak memiliki iklan. Namun para creator juga sangat pintar, mereka membuat judul dan thumbnail yang berkesan negatif atau bahkan mereka melakukan prank, dan dalam menit-menit tertentu akan menampilkan adegan atau kata-kata yang mengarah ke hal negatif, atau bahkan mereka membuat video dengan pakaian yang terbuka yang sangat tidak pantas untuk dilihat khususnya anak dibawah umur.

Selain itu para pengguna youtube juga dapat melaporkan video yang dianggap plagiat, dengan melaporkan video tersebut pihak youtube akan langsung bertindak pada video yang telah dilaporkan oleh pelapor. Lantas bagaimana cara melaporkan video yang tak pantas di youtube? Check this out !!


Sebelum melaporkan suatu video ada baiknya anda sebagai netizen yang budiman mengetahui video-video apa yang pantas untuk dilaporkan, diantaranya adalah :

  • Konten yang berisi kebencian dan berita hoax
  • Konten Bullying
  • Konten Spam dan penipuan
  • Konten yang melanggar hak cipta
  • Konten yang membahayakan anak-anak
  • Konten berbau dewasa


Cara melaporkannya sebagai berikut :

1. Masuk ke youtube

2. Cari video yang tidak pantas

3. Lalu klik pada Titik 3 (diujung video) dan klik Laporkan



4. Anda akan diberikan opsi pelanggaran yang dilakukan pada video yang bersangkutan, pilih pelanggaran yang sesuai.

5. Kemudian anda akan mendapatkan semacam form untuk mengisi detail laporan, anda dapat menentukan waktu laporan video, dan berikan alasan anda dikolom yang disediakan lalu klik Laporkan, lihat gambar dibawah


Nah, begitulah cara melaporkan video yang tak pantas di youtube. Walaupun nantinya video yang dilaporkan tidak dihapus, setidaknya video itu tidak dapat dimonetisasi atau diuangkan oleh pengunggahnya sehingga akan membuatnya berhenti mencoba membuat konten negatif lainnya. Kemungkinan besar video itu akan diberikan pembatasan usia oleh youtube sehingga anak-anak yang dibawah umur tidak dapat melihat video tersebut.


Anda mungkin menyukai postingan ini