6 Jenis Video Youtube Yang Paling Dicari Di indonesia



omiska.com - Youtube merupakan media (sosial) yang berisi video yang sangat populer di internet hingga saat ini, awal tahun rilisnya tahun 2005 dan terus berkembang pesat sejak tahun 2014 silam hingga sekarang. Mungkin anda pernah mendengar ada youtuber yang menagtakan Youtube Lebih Dari TV? Ya !! itu benar sekali, bahkan sekarang jika diperhatikan banyak masyarakat menggunakan youtube untuk mencari hiburan atau suatu berita daripada menggunakan TV. Dengan melihat perkembangan youtube yang semakin pesat, banyak orang-orang berbondong-bondong menjadi youtuber (Creator), tujuan besarnya adalah untuk mendapatkan uang yang banyak. Mungkin anda sudah megetahui dan menerka-nerka berapa gaji-gaji youtuber lokal (indonesia) sehingga mereka mampu membeli rumah hingga mobil mewah. Untuk mendapatkan penghasilan yang besar para creator harus membuat video yang menarik agar ditonton oleh banyak orang, semakin banyak tayangan maka semakin besar peluang untuk mendapatkan pengahasilan pula yang diberikan oleh Google Adsense. 

Pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa jenis video yang paling banyak ditonton oleh masyarakat indonesia.

#1 Berita Viral

Masyarakat indonesia sangat latah dengan berita-berita viral, ketika ada media yang membahas suatu berita yang viral pada masanya maka orang-orang akan kepo dan berusaha mencari tau lebih dalam di youtube mengenai berita tersebut. 

#2 Gaming

Video-video gaming di youtube sangat populer di indonesia, ini semua berawal dari youtuber luar negeri yang bernama PewDiePie. Mungkin di indonesia dulunya dipopulerkan oleh Reza Oktavian kali ya? hehe . Para penonton ingin melihat reaksi kocak para youtuber gaming atau bahkan mereka juga ingin mendpatkan tips dan trik dari youtuber idola mereka.

Baca juga : Cara Melaporakan Video Yang Tak Pantas Di Youtube

#3 Prank

Entah bagaimana sejarahnya video yang mengerjai orang (Prank) ini sangat populer di indonesia, bahkan didunia. Video ini dapat dikategorikan jenis video hiburan yang akan mebuat penonton tertawa terpingkal-pingkal karena aksi kocak para youtuber yang mengerjai orang-orang sekitarnya. Dalam membuat video prank biasanya para youtuber melakukan aksi diluar (Outdoor) seperti di taman, di mall, sekolah dan sebagainya dan ada juga melakukan dalam ruang (Indoor) yang hanya mengandalkan media sosial seperti Ome TV yang berpura-pura menjadi cewe cantik dan sebagainya.

#4 Review Gadget

Video review juga tak kalah saing dengan jenis video-video diatas, apalagi video review gadget. Apalagi jika ada gadget keluaran terbaru, banyak orang mencari tau gimana gadget tersebut seperti melihat kekurangan dan kelebihannya gadget keluaran terbaru yang diular oleh youtuber review idola mereka. Mungkin anda dapat melihat contohnya seperti channel youtube Gadgetin, Ulasan ID, Tangan Belang, SobatHape dan lain sebagainya. 


#5 Mukbang

Mukbang adalah bahasa korea yang berasal dari Muk-ja  dan Bang-son yang artinya siaran, yang berarti MukBang merupakan siaran orang sedang makan makanan hehe. Video jenis ini dulunya dipopulerkan oleh youtuber-youtuber korea dengan memakan makanan dalam jumlah besar dan banyak. Tidak hanya di korea, di indonesia sendiri juga suah banyak youtuber jenis ini. Seru yaa bikin konten seperti ini apalagi kalo punya hobi makan.

#6 Eksperimen

Video kategori eksperimen ini juga jenis video yang paling banyak dicari oleh masyarakat indonesia. Pasalnya, banyak orang yang belum mengekplorasi lebih suatu hal dan ketika melihat video-video jenis eksperimen ini akan membuat mereka lebih tau apa yang sebelumnya mereka tidak tau. Misalnya eksperimen Lava vs Ikan, Lava vs Nitrogen, Ekeperimen pada benda elektronik, Eksperimen pada zat kimia dan banyak experimen lainnya. Selain percobaan-percobaan menakjubkan yang dilakukan oleh para youtuber ini, video jenis ini akan menambah wawasan pada penontonnya. Kesannya seperti ilmuwan aja ya !! hehe

Jika kita lihat dengan seksama dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, rata-rata jenis video diatas merupakan video berkategori hiburan, saya memandang video berjenis tutorial dan edukasi sepertinya kurang dicari oleh masyarakat indonesia, benar tidak?