5 Kesalahan Youtuber Pemula Yang Sering Terjadi


omiska.com - Menjadi seorang Youtuber adalah keinginan bagi banyak orang, malahan para selebriti juga terjun ke dunia youtube. Dengan reward yang diterima oleh para creator di youtube membuat banyak masyarakat khususnya anak-anak muda untuk ikut terjun ke dunia youtube. Namun karena hanya berkeinginan dan berambisi untuk mendapatkan uang saja, banyak youtuber pemula malah melangkahi jalan yang salah untuk melangkah, dan akhirnya tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan email suspend atau banned permanen. Jadi apa sih kesalahan-kesalahan youtuber pemula yang sering terjadi?

1. Mengupload video orang lain secara mentah

Nah, ini sangat umum dilakukan oleh youtuber pemula, karena mereka tidak memiliki basic mengedit video, merek dengan seenaknya mengupload ulang video orang lain. Padahal ini sangat dilarang oleh youtube, youtube sudah memberikan kebijakan yang bernama Fair Use, yang artinya para youtuber dapat mengambil video orang lain dan mengupload ulang ke youtube dengan penggunaan wajar. Jadi tidak bisa dengan bebas tinggal comot lalu upload. Anda dapat membaca peraturan Fair Use disini.

2. Sub4subs

Ini dilakukan hampir 100% youtuber permula, saya sudah bergabung pada beberapa grup youtube di Google + (sebelum diberhentikan), facebook dan whatsapp. Mereka saling subs4subs yang artinya saling Subscribe satu sama lain. Yang lucunya adalah, banyak juga dari mereka yang unsubscribe channel satu sama lainnya, sejauh ini anda percaya teman anda masih mensubcribe channel anda? . Sebenarnya ini untuk apa sih? Sebaiknya buatlah konten yang menarik yang banyak disukai oleh penonton, dengan begitu tanpa anda meminta subscribe penonton yang menyukai video anda dan akan mensubscribe channel dan menunggu video-video terbaru dari anda. Ini artinya anda memiliki subscriber murni yang aktif bukan pasif, mereka berkemungkinan besar akan terus menonton video-video terbaru dari anda, beda dengan subscriber hasil subs4subs.

3. Nge-Spam

Nge-spam channel youtube maupun video sudah seperti menjadi tradisi bagi mereka yang baru saja terjun ke dunia youtube. Pasalnya mereka ingin mendapatkan view dan subscribe dengan cara mempromosikan channel maupun video mereka, namun cara mereka sangat menjengkelkan. Promosi channel tidak dilarang kok, cuma promosi sewajarnya saja dan jangan berlebihan, jangan sampai reputasi channel rusak gara-gara mempromosikan channel secara berlebihan, karena youtube menganggap adanya aktifitas spam dan kemungkinan anda mendapatkan teguran.

4. Tidak memiliki mentor (Teman Yang Ahli)

Banyak dari mereka youtuber pemula yang berdiri sendiri untuk membangun channel tanpa adanya orang yang ahli. Mereka mengandalkan tutorial yang ada di internet, namun ini bisa saja membahayakan channel mereka jika mereka salah memahami konsep pada tutorial di internet tersebut. Jika ada teman yang ahli katakan saja mentor maka anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melangkah. Carilah mentor yang sudah memiliki subscriber yang mencapai ribuan, ratusan ribu hingga jutaan, mungkin saja tips dan trik dari mentor anda lebih jitu daripada tutorial-tutorial yang beredar diinternet.

5. Hanya memikirkan penghasilan

Memang tujuan terjun kedunia youtube salah satunya adalah ingin memiliki penghasilan yang banyak. Namun jangan kerena anda hanya memikirkan penghasilan anda malah buta dan membuat konten yang asal-asalan dan tidak berkualitas, pasalnya anda berfikir semakin sering video yang anda upload semakin besar kemungkinan anda mendapatkan uang yang banyak. Namun peimikiran seperti ini sungguh salah, sering mengupload video itu tidak dilarang sebenarnya hanya saja anda juga harus mengutamakan kualitas videonya. Untuk apa video yang anda upload ribuan namun hanya sedikit orang yang menonton, belum lagi jika anda tidak melakukan teknik SEO pada video youtube, kan kacau.

Nah, itulah 5 kesalahan youtuber pemula yang sering terjadi, jika anda adalah youtuber pemula sebaiknya anda menghindari hal-hal yang berlebihan seperti menyebarkan link video secara berlebihan sebagai upaya untuk mendapatkan view yang banyak. Jika anda ingin mengupload ulang video orang lain tidak disalahkan, namun ada aturannya dan kebijakan yang sudah dijelaskan oleh tim youtube, anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu dan konsultasikan pada mentor anda.

Semoga artikel ini bermanfaat..