Penyebab Dan Cara Mengatasi Demonetize Channel Youtube


omiska.com - Apa itu Demonetize? Demonetize adalah sebuah singkatan dari Disable Monetization yang berarti periklanan pada Channel youtube yang juga menjadi publisher Google Adsense dinonaktifkan karena  melanggar kebijakan Youtube. Ciri-cirinya adalah, dollar pada dashboard Youtube menjadi hilang, dan jika dilihat pada status monetiasi pada Channel youtube maka anda akan melihat status "Dinonaktifkan" atau "Tidak Layak". Biasanya Channel yang di Demonetize ini merupakan Channel Slide Show, Reuploader dan Channel "Fair Use" yaitu Channel informasi seperti Calon Sarjana, YTCrash, Daftar 5, YK Indonesia, Jendela Dunia, Dark Borneo dan lain sebaginya. namun ada beberapa kasus, Channel cover lagu dan Channel game yang original pun kena Demonetize. Sungguh ini dilema besar para creator Youtube, mereka menganggapya dengan "Badai Dismon".

Namun apakah ini adalah akhir dari para creator untuk mendapatkan uang dari Youtube? Jawabannya ya belum tentu !! masih ada harapan dan kesempatan untuk mengajukan ulang pada tanggal yang sudah ditetapkan oleh youtube, yaitu sebulan setelah Email pemberitahuan anda terima.


  • Lalu apa yang harus saya lakukan? 

Dalam waktu yang dierikan sebulan itu anda dapat mengoreksi video-video yang kira-kira melanggar kebijkaan Youtube, anda harus mempersiapkan Channel anda menjadi lebih baik sebelum mengajukan ulang, bersih daripada pelanggaran kebijakan, periksa juga metadata pada video yang menyesatkan, yaitu membuat tags dan deskripsi dan Thumbnail yang tak sesuai dengan isi video.


  • Apa penyebab Channel saya di Demonetized? 

Penyababnya bermacam-macam, ada yang menyalahgunakan kebijakan Fair Use, Thumbnail yang menyesatkan dan konten anda mengandung praktik penipuan. Anda dapat melihat penyebab Channel anda di Demonetized oleh youtube pada  : Creator Studio - Channel - Monetiasi - Klik pada "Inilah alasan Channel anda tidak disetujui untuk monetisasi". Disana juga sudah tertulis kapan anda dapat mengajukan ulang kembali.




  • Ketika Channel saya di Demonetize apakah saya dapat mendapatkan earning bulan depan? 

Ya, selagi akun Adsense anda masih dapat di akses anda tetap mendapatkan earning bulan depan. Jika akun Adsense anda masih dapat diakses, jika anda ingin membuat Channel Youtube yang baru untuk di monetisasi ya bisa saja anda tinggal memenuhi syarat untuk dimonetisasi (1000 Subscriber dan 4000 Jam tayang), kecuali akun adsense anda dibanned.

  • Berapa lama Youtube meninjau Channel yang di Demonetize?

Ini tergantung, kenapa saya bilang tergantung? karena ada beberapa creator yang mengajukan ulang memakan waktu hanya 2 minggu saja untuk mendapatkan email keputusan Channel tersebut layak untuk di monetisasi atau belum layak, dan ada juga beberapa creator yang menunggu email keputusan dari Youtube hingga berbulan-bulan.


Nah, jadi anda jangan galau karena Channel Youtubenya yang di Demonetize, karena masih ada  harapan dan kesempatan untuk mengajukan ulang agar Channel anda dapat di monetisasi kembali atau dapat diuangkan kembali, anda dapat mengoreksi video-video yang melanggar kebijakan dengan cara menghapus video tersebut dan sesuaikan deskripsi, tags, dan Thumbnail dengan isi video anda, Terakhir berdoalah pada maha kuasa.

Semoga Channel anda dapat di Monetisasi kembali 😉