Cara Mengatasi Disk Usage 100% Dengan Mudah Pada Windows



omiska.com - Bagi para pengguna laptop dengan operasi sistem windows pasti pernah dong mengalami Diska Usage 100% dan ini sangat risih dikarenakan kinerja laptop menjadi lambat secara signifikan. Didalam dunia komputer keadaan ini bisa dikatakan "Wajar" dan "Mustahil", Wajar jika spesifikasi laptop yang anda gunakan masih rendah, dan mustahil jika laptop anda gunakan memiliki spesifikasi diatas rata-rata. Jika anda bingung untuk melihat status Disk yang sudah mencapai 100% anda dapat membuka Task Manager pada komputer denga menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC secara bersamaan.

Masalah ini memang terbilang sangat menggangu apalagi kita sedang dalam bekerja menggunakan laptop itu sendiri maupun pada saat presentasi didepan klien. Jika komputer yang anda gunakan masih menggunakan spesifikasi rendah dan menggunakan operasi sistem yang terbarukan katakanlah windows 10, maka ini adalah hal yang wajar terjadi, lalu bagaimana jika anda menggunakan laptop dengan spesifikasi diatas rata-rata? anda harus mewaspadai hal ini. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?

1. Mengecek Kondisi Laptop

Nah sudah umum terjadi jika laptop menjadi lambat kebanyakan orang melakukan scan virus menggunakan antivirus bawaan maupun bukan dari bawaan windows, ini juga bukan tindakan yang salah. Sebelum memasuki cara kedua anda harus pastikan dulu bahwa laptop anda bebas dari malware dengan melalukan scan virus, setelahnya anda daoat melihat Result nya. Jika ada malware yang menyerang anda dapat mengkarantina maupun menghapusnya, setelahnya anda dapat merestart laptop dan lihat performanya.

2. Matikan Fitur Windows search

Aktifnya Windows Search juga bisa saja menjadi penyebab laptop anda mengalami Disk Usage 100%, jika anda menggunakan laptop dengan spesifikasi diatas rata-rata anda tidak perlu mematikan fitur ini. Untuk menonaktifkan Windows Search anda dapat memasuki Task Manager dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC dan klik Services pada bar kemudian klik Services  yang ada pada sudut kanan bawah sperti pada gambar dibawah ini.


Kemdian anda dapat mencari Windows Search dan klik 2x, lalu akan muncul jendela seperti ini 


Pada startup type anda dapat mengubahnya menjadi Disabled kemudian klil Apply.

3. Mematikan Automatic Update

Ini merupakan beban terberat dan beban untama bagi windows, Apalagi laptop anda sedang terkoneksi dengan internet maka akan menimbulkan Overload Memory dalam rangka mengkoneksikan internet ke situs server Update Microsoft. Cara mematikan fitur ini dengan cara membuka Control Panel, kemudian anda dapat memilih menu pada bagian System and Security, lalu pilihlah menu Windows Update dan kemudian ubah setelan atau Change Setting menjadi Never Check For Up-date. Anda juga dapat mematikan Windows Search seperti cara di nomor 2, ketika muncul menu sevices anda dapat mencari tulisan Windows Update dan pada startup type anda dapat mengubahnya menjadi Disabled.


Nah, itulah 3 cara untuk mengatasi masalah Disk Usage 100%, dengan menerapkan cara diatas insyaallah masalah terebut akan teratasi.