Cara Mendaftar Blog Ke Google News Supaya Dapat Visitor Lebih Banyak



omiska.com - Google News merupakan salah satu layanan dari Google, sesuai dengan namanya Google News ini diperuntukan untuk situs-situs berita dan situs-situs viral lainnya, blog ini tidak termasuk situs berita karena ini adalah blog tutorial, namun saya akan mencoba mendaftarkannya sebagai pembelajaran saja. Google News banyak digunakan oleh beberapa situs berita online yang sangat terkenal. Jika anda memiliki blog dengan niche berita dan berita-berita viral, salah satu produk dari Google ini sangat memungkinkan dapat menunjang visitor lebih banyak. Dengan mendaftarkan blog anda ke Google News maka artikel anda akan cepat terindex oleh mesin pencari, ini memungkinkan trafik blog anda akan meningkat secara signifikan. Disamping itu, blog anda juga akan mendapatkan peluang untuk tampil dihalaman pertama Google, so itu berarti akan meningkatkan penghasilan Adsense. 

Apasih syarat untuk mendaftar blog ke Google News?

Setiap pendaftaran pasti memiliki syarat dan ketentuannya, tak terkecuali dari salah satu produk Google yaitu Google News. Sebenarnya jika blog anda sudah terdaftar dan terverifikasi di webmaster maka anda dapat mendaftarkan blog anda ke Google News. Namun untuk mempermudah agar blog anda diterima coba lakukan tips-tips dibawah ini :

1. Menggunakan domain TLD


Anda perlu dan wajib menggunakan domain TLD supaya blog anda dapat dipercaya oleh Google, dengan menggunakan domain TLD ini akan menjadi nilai plus dan Google akan menganggap blog anda dapat dipercaya dan anda sebagai admin akan dianggap serius untuk mengelola blog anda.

2. Diutamakan menggunakan Wordpress


Memang Google lebih mengutamakan platform Wordpress daripada Blogger, namun anda tidak perlu khawatir dikarenakan Blogger juga memiliki peluang diterima oleh Google News. Google News lebih mengutamakan Wordpress dikarenakan memiliki plugin yang lebih banyak yang akan membuat blog anda menjadi lebih profesional. 

3. Menggunakan template blog yang responsif

Sesuai dengan niche berita, maka saya merekomendasikan blog and menggunakan template khusus berita, mislanya CB Magazine, MagOne, Times Day dan template blog berita lainnya. Gunakan widget yang sesuai dan buatlah agar blog anda memiliki tampilan yang lebih menarik.

4. Menu Navigasi

Kelengkapan blog seperti adanya menu navigasi akan membuat blog anda lebih profesional dan bertanggung jawab, buatlah laman khusus seperti About, Contact, TOS, Disclaimer dan Policy Privacy. Blog anda juga harus dilengkapi dengan peta situs (sitemap).

5. Blog harus terus update

Supaya blog anda dpat diterima oleh Google News usahakan anda jangan berhenti untuk terus megupdate artikel anda seperti situs beita lainya, maka direkomendasikan sebuah blog memiliki penulis yang banyak. Para blogger yang sudah profesional merekomendasi 1 hari blog dapat mengupdate 5 artikel, jika penulis sebuah blog ada 3 berarti dalam satu hari blog menulis 15 artikel. 

6. Bukan blog yang masih muda


Sama seperti perysaratan untuk mendaftar ke Google Adsense, blog anda tidak tergolong berusia muda misalnya beberapa minggu atau 4 bulan kebawah. Para master blog merekomendasikan agar blog anda dapat diterima anda dapat mendaftarkan blog ke Google News ketika blog anda berumur lebih dari 6 Bulan. 

Cara mendaftar blog ke Google News

1. Buka situs Google News untuk mendaftar

2. Klik pada Request inclusion in news index



3. Silahkan isi biodata yang tersedia seperti About your news site (deskripsi blog), source url (alamat blog), source name (nama blog), site leaguage (bahasa blog), city (kota anda), state/province (provinsi), dan region (wilayah/negara).



4. Pada select all categories that apply to the content on your site anda dapat mencentang kategori yang sesuai dengan blog anda. Pada News section information ulislah alamat blog anda, disamping itu ada pilihan Label, maka pilihlah label yang sesuai dengan blog anda.



5. Jika semua sudah selesai, klik centang dan submit.

6. Kemudian anda akan mendapatkan pesan seperti dibawah ini, anda cukup mengklik Close



Setelah anda mendaftarkan blog ke Google News, pihak Google akan mereview blog anda untuk kelayakan diterima oleh Google News kurang lebih 1 sampai 3 minggu. Selama masa review disarankan blog anda terus mengupdate artikel-artikel terbaru.

Nah, begitulah cara mendaftarkan blog ke Google News, dengan mendaftarkan blog ke Google News akan memungkinkan blog anda akan kebanjiran visitor setiap harinya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel