Cara Memasang ads txt Adsense Di Blogger


omiska.com - Blogger sudah menyediakan fitur ads.txt sejak tahun 2017 silam, ads.txt adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers yang berarti anda dapat memastikan blog anda menampilkan iklan yang hanya dijual oleh penjual resmi. Google telah menjelaskan penggunaan ads.txt ini tidak wajib, namun Google merekomendasikan menerapkan ads.txt ini pada blog.

Langkah memasang ads.txt ini juga berupaya untuk melindungi pengiklan serta penayangan iklan, dan itu bukan tanpa sebab. Mengingat ada sedikit tindakan-tindakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab sebagaimana contohnya adalah menampilkan iklan dengan ID penayangan iklan orang lain. Ketika terjadinya boom klik iklan yang marak terjadi pada blog maka akan merugikan penayang iklan dan pengiklan sekaligus,  karena pengiklan mau tidak mau harus membayar untuk suatu tindakan yang bodong tersebut, dengan demikian Google lah yang disalahkan oleh pengiklan. Dengan menerapkan atau memasang ads.txt pada blog, berarti kita telah memberi kepastian pada pengiklan bahwa blog maupun website yang kita miliki adalah mitra yang resmi dan bukan abal-abal.


Bagaimana cara memasang ads.txt pada blog ?  


Kunjungi Dashboard blogger anda

Lalu klik pada Preferesnsi penelusuran 

Maka anda akan meihat tulisan Monetisasi, klik pada edit lalu klik "Ya".










Lalu anda dapat mengisi kode ads.txt seperti dibawah ini :


google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ubah angka "0000000000000000" menjadi ID penayangan Adsense anda dan tidak perlu mengubah kode lainnya. Contohnya seperti dibawah ini :



Jika anda bingung atau tidak mengetahui kode ID penayangan Adsense anda, anda dapat melihatnya pada dashboard Adsense, dan klik Akun.





Setelah mengisi kode Ads.txt anda dapat klik pada Simpan Perubahan.

Untuk memastikan atau mengecek apakah ads.txt anda telah aktif, anda dapat menuliskan url :

https://www.(isi nama blog anda).com/ads.txt
Note : Biasanya setelah anda memasnag Ads.txt pada blog iklan akan tidak muncul pada blog, iklan akan muncul kembali setelah 24 jam.

Nah, itulah cara memasang ads.txt pada blog berplatform Blogger, dengan mengkustom ads.txt berarti anda telah memberikan kepastian pada pengiklan, dan pengiklan akan menganggap anda sebagai pemilik blog adalah mitra yang resmi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel