Cara Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pemula


omiska.com - Dizaman serba digital ini untuk memulai bisnis sendiri terbilang sangatlah mudah. Orang yang ingin memiliki penghasilan pun bisa saja tak mengeluarkan banyak modal. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Online Shop atau berjualan yang hanya menggunakan internet. 

Nah, bukankah ini adalah peluang untuk berbisnis? apalagi bisnis online merupakan bisnis yang sangat eksis, bukan hanya di indonesia saja, bahkan bisnis online juga eksis diseluruh dunia. Dengan berjualan online anda tidak butuh mengeluarkan modal yang besar, namun penghasilan anda terkadang melebihi gaji-gaji PNS. Maka jangan heran jika banyak pegawai-pegawai menjadikan jualan online ini sebagai pekerjaan sampingannya, bahkan diantara dari mereka ada yang keluar dari perusahaan untuk fokus berbisnis.

Eits, memang enak didengar dan dibayangkan memiliki bisnis santai seperti berjualan online, namun jangan anggap membangun bisnis dan berjualan online ini sangat gampang, awalnya memang agak sedikit ribet dan tentunya banyak hambatan-hambatan yang menghampiri. Itu dikarenakan kita belum memiliki pelanggan dan produk yang kita tawarkan belum dikenal oleh masyarakat. Untuk langkah awal anda untuk memulai berjualan online coba simak beberapa cara berjualan online yang  tepat dan benar dibawah ini.

1. Menentukan barang yang anda jual

Bisnis online memiliki 2 macam, antara lain adalah berjualan produk dan menawarkan jasa. Berjualan produk biasanya melibatkan barang-barang seprerti pakaian, alat elektronik, gadget, skincare dan lain sebagainya. Selain itu anda juga dapat memmprodusi produk sendiri misalnya berupa kerajinan tangan, lukisan, hiasam dinding, miniatur dan sebagainya.
Menawarkan jasa biasanya membuat jasa antar barang dari daerah ke suatu daerah lainnya, menjadi guru privat online, jasa memperbaiki akun sosial media dan lain sebagainya. 

Disini kita akan membahas berjualan produk.

Dalam berjualan produk, tentukan dulu produk apa yang akan anda jual. Jika anda tidak memiliki modal anda juga dapat menggunakan sistem dropship, dimana anda hanya menawarkan produk tanpa menyimpan stok produk, lalu jika konsumen tertarik dengan produk yang anda tawarkan anda cukup menghubungi distributor yang bekerja sama dengan anda untuk mengirimkan barang ke alamat konsumen tersebut. Selain produk secara fisik anda juga dapan menjual produk digital seperti voucher, tiket, dan lain sebagainya. Anda dapat berjualan apa saja, yang terpenting adalah anda harus konsisten dengan bisnis yang anda bangun agar bisnis jualan online anda dpaat berkembang dan menjadikan bisnis anda berjangka panjang.

2. Aktif di media sosial

Untuk mempromosikan produk yang anda jual, anda membutuhkan media yang membantu untuk mempromosikan produk-produk anda. Anda dapat menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Whatsapp untuk memperkenalkan produk anda ke masyarakat luas, sehingga masyarakat luas akan cepat mengenal produk yang anda jual. 

3. Memanfaatkan toko online yang sudah tersedia

Mungkin ini sudah tidak asing lagi, pasti anda tau dong toko-toko online yang populer seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak dan lain sebagainya? Toko-toko online tersebut sudah menyediakan fasilitas untuk memperomosikan prdoduk anda, anda dapat mengupload foto produk dan disertakan deskripsi dan harga produk. 


4. Melakukan pemasaran yang tepat dan benar.

Ada 3 kelompok pengguna menggunakan internet, diantaranya adalah :

  • Mencari informasi
  • Mencari hiburan
  • Membeli produk maupun jasa
Nah, anda dapat memperomosikan produk di semua kelompok tersebut. Dengan menerapkan marketing dan target yang tepat maka anda akan lebih mudah megembangkan bisnis anda.

5. Berikan nilai tambah pada produk anda

Namanya juga bisnis maka jangan kaget jika adanya saingan, untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis anda dapat membuat produk anda lebih unggul daripada produk saingan anda. Dengan demikian jika produk anda dianggap yang paling baik maka orang-orang akan berbondong-bondong meninggalkan produk lama dan beralih dengan produk anda. Selain itu anda juga dapat memberikan seperti pelayanan yang cepat. 

Apasih keuntungan berjualan online?

1. Tidak terikat dengan waktu

Dengan berjualan online anda tidak perlu khawatir dengan masalah waktu kerja, disini anda berperan untuk menentukan waktu bekerja anda sesuai dengan keadaan. 

2. Modal terbilang tidak banyak

Beda dengan berjualan yang menggunakan kios maupun toko seperti yang kita lihat di pasar, jualan online tidak memerlukan modal yang banyak seperti menyiapkan uang untu membeli atau menyewa tempat dan membeli peralatan toko. Anda cukup mengandalkan smartphone dan jaringan internet.

3. Bisa bekerja dimana saja

Tidak seperti orang yang jualan di pasar-pasar yang mengharuskan bekerja pada toko saja, jika anda berjualan online anda dapat bekerja dimana saja. Dengan menggunakan perangkat seluler seperti smartphone, anda dpaat memantau dan melayani pembeli dimanapun  yang anda mau, misalnya di rumah, dirumah teman, dirumah mertua atau bahkan ketika anda sedang hangout bareng teman-teman anda.

Nah, itulah Cara Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pemula , saya yakin cara-cara diatas sangat mudah untuk lakukan. Bagi saya apapun bisnisnya jika kita mencintai bisnis tersebut maka untuk menjalankannya akan terasa menyenangkan, dan rasa cinta kepada bisnis tersebut  akan selalu mendorong kita untuk mengembangkannya.