Cara Jualan Baju Secara Online Yang Benar Bagi Pemula Dijamin Sukses


omiska.com - Di era digital seperti yang kita rasakan saat ini yang namanya jualan tidak wajib menyewa tempat atau malahan membeli sebuah toko untuk berjualan, salah satunya adalah jualan baju. Sekarang banyak online shop yang menjual baju-baju dari dalam negeri dan luar negeri secara online, memang cara seperti ini terbilang sangat memudahkan bagi kedua pihak, yakni pihak pembeli dan pihak penjual. Apalagi dengan berjualan baju secara online ini dapat menjangkau pasar yang luas, tidak hanya ditempat anda berdiri bahkan dengan teknologi yang kita rasakan saat ini jika reputasi online shop anda baik dan anda lihai dalam mempromosikan produk, maka kemungkinan besar usaha yang anda jalankan ini akan dikenal seluruh dunia.

Bagi anda yang ingin memulai usaha jualan baju secara online, anda dapat mengikuti tips-tips dibawah , simak terus yaa !!

1. Menentukan target konsumen

Apapun usaha nya sebelum anda memulai suatu usaha anda harus menentukan target konsumen, misalnya anda menargetkan anak-anak, orang dewasa, khusus pria dan wanita, untuk umur sekian dan lain sebaginya. Ini dibilang sangat penting dikarenakan akan berhubungan erat dengan produk yang anda jual ke konsumen. 

2. Menentukan produk yang anda jual

Yang kedua adalah anda harus merencanakan atau menentukan produk yang anda jual, pada awal-awal memulai usaha anda tidak mungkin menjual semua jenis pakaian bukan? jika anda merencanakan menjual semua jenis pakaian untuk 1 target konsumen yang anda bidik ada baiknya anda tunda dulu kemauan anda tersebut, mengingat anda baru saja memulai usaha, anda juga harus berupaya untuk menimialisir kerugian ataupun kegagalan, saran saya sih.

Jika anda bingung untuk menentukan produk yang anda jual, coba deh anda lirik daftar jenis baju yang saya rekomendasikan dibawah ini :

  • Busana muslim
  • Busana sekolah
  • Pakaian olahraga
  • Baju distro
  • Pakaian / Perlegkapan bayi
  • Hijab dan lain sebagainya

3. Memperhatikan "Trend"

Untuk mempercepat bisnis anda cepat dikenal oleh orang lain, anda harus menjual baju-baju yang ngetrend dan paling banyak dicari oleh orang. Misalnya anda menjual pakaian muslim untuk wanita, lalu ada artis yang memakai pakaian muslim yang terbilang anggun. Lalu pakaian muslim jenis itu menjadi pakaian yang paling dicari oleh masyarakat. Nah, dengan begitu mencobalah untuk mengikuti kompetisi diantara penjual yang lain karena ini merupakan peluang besar bagi anda untuk memperkenalkan usaha anda ke masyarakat luas. Selain produk pakaian anda cepat laku usaha anda juga berpotensi akan cepat dikenal oleh masyarakat, maka berikan produk serta pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

4. Mencari supplier baju yang terpercaya 

Bagi anda yang tidak memilik produk namun anda memiliki keinginan untuk berjualan baju secara online, anda harus mencari supplier yang terpercaya untuk menjadikan rekan bisnis anda. Anda dapat mencari toko yang menyediakan baju grosiran di daerah-daerah yang dekat dengan tempat tinggal anda. Temui pemilik toko dan sampaikan minat anda bahwa anda ingin meminjam produk pakaian yang akan anda jual secara online. Lalu, tugas anda adalah memfoto produk-produk pakaian untuk dapat diperlihatkan ke konsumen. Anda dapat memfoto pakaian-pakaian tesebut dari berbagai sisi sehingga konsumen dapat menilai menarik atau tidaknya dimata mereka. Selain itu anda juga dapat mencari distributor pakaian di internet yang menyediakan jasa Reseller maupun Dropship yang terpercaya.

5. Mengandalkan media sosial untuk berjualan

Nah, selain digunakan untuk bersenang-senang, media sosial juga berfungsi bahkan berperan penting untuk menjadi pendukung bisnis yang anda jalankan. Anda dapat mempromosikan roduk-produk pakaian di media sosial anda, jika anda tidak memiliki follower yang banyak anda dapat membeli follower agar postingan promosi anda dapat cepat dilihat oleh masyarakat luas. 

6. Membuka toko online untuk berjualan

Anda juga dapa mengandalkan toko online yang sangat populer dan banyak digunakan oleh penjual-penjual pakaian online yang sering kita lihat. Misalnya seperti BukaLapak, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya. Jika anda memiliki budget yang lebih , anda juga dapat membuka toko online pribadi dengan membuat sebuat website khusus. Jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat website, anda dapat mencari jasa pembuatan website online maupun offline, namun unuk pembuatan website ini tentu akan mengeluaran uang yang banyak.

7. Berikan pelayanan yang baik kepada konsumen

Untuk menjadikan konsumen sebagai pelanggan tetap, maka anda harus membuat mereka nyaman dengan pelayanan anda. Dari hal kecil misalnya anda selalu menggunakan bahasa yang sopan, walaupun sewaktu-waktu anda merasa jengkel oleh seorang konsumen. Berikan juga pelayanan  "Fast Respon", karena konsumen sangat jengkel dengan pelayanan yang lambat, misalnya waktu paking yang terbilang cukup memakan waktu yang banyak dan pengiriman super telat. Dengan begitu jika anda memiliki konsumen diluar daerah maka sebaiknya anda mencari jasa pengiriman barang yang lebih cepat. 

Nah, ituah cara jualan baju secara online yang benar bagi pemula. Apapun usaha atau bisnis yang anda jalani maka cintailah usaha atau bisnis tersebut, dengan begitu anda dapat menjalakan dengan ikhlas dan berpacu untuk terus ingin lebih berkembang dari sebelumnya.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi anda yaa !! 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel