Peluang Usaha dengan Modal Dibawah 5 juta Rupiah



omiska.com - Dijaman yang serba digital ini, 5 juta termasuk jumlah dengan nominal yang kecil. Mungkin anda bisa menghabiskan dalam hitungan menit. Bedanya dengan orang-orang yang berjiwa bisnis, mereka memanfaatkan nominal kecil sebanyak 5 Juta ini sehingga akan berlipat ganda dengan cara membuka usaha. Sebenarnya banyak peluang untuk membuka usaha dengan modal hanya 5 Juta rupiah saja, namun pada artikel ini saya akan menyajikan 5 saja yang menrut saya lebih menguntungkan.

1. Usaha Katering

Usaha ini membutuhkan bakat dan kedalaman ilmu mengenai memasak untuk mengolah serta memasak makanan. Karena ini diutamakan bakat, pastikan anda bisa memasak beraneka masakan yang lumayan banyak hingga sangat banyak disukai oleh orang-orang. Jika anda ingin membuka usaha katering dan ingin mendalami bakat memasak anda, anda bisa belajar terlebih dahulu sebelum memulainya. Kita beruntung bisa hidup di era digital seperti sekarang ini, jika dulunya orang-orang harus belajar memasak harus datang langsung ke yang ahlinya, pada zaman sekarang anda cukup menggunakan gadget anda dan anda bisa belajar memasak secara online baik itu dari artikel maupun di youtube.

Nah jika anda sudah bisa memulai usaha ini, promosikan usaha anda dengan cara menawarkan pada konsumen yang menyelenggarakan acara-acara kecil, misalnya hajatan, acara ulang tahun dan lain sebagainya.

Contoh : anda mendapat pesanan awal dari sebuah acara sebanyak 150 nasi kotak dan jajanan pasar namun dalam jumlah yag sama. Harga yang anda berikan untuk nasi kotak sebanyak Rp.22.000/porsi dan Rp.7000 untuk jajanan. Jika anda mengambil keuntungan paling sedikit adalah Rp. 5000 untuk nasi kotak dan Rp.1000 untuk jajanan, keuntungannya adalah :

Nasi kotak : Rp.22.000 X 150 =  Rp 3.300.000
Jajanan : Rp. 7000 x 150 = Rp. 1.050.000
Total : Rp. 4.350.000

Jadi untung bersihnya adalah :
Nasi kotak : Rp. 750.000
Jajanan : Rp. 150.000

Ini perkiran untuk 1 kali pengorderan, dan sekarang coba anda bayangkan jika dalam satu blan anda mendapatkan 3 hingga 7 kali sebulan, keuntungan yang lumayan ini hanya bermodalkan dibawah 5 Juta.

2. Usaha Counter Pulsa

Usaha ini kemungkinan besar tidak ada matinya,  dan semakin hari akan semakin meningkat mengingat semua orang membutuhkan pulsa disetiap waktunya. Jika anda ingin menekuni usaha ini ada baiknya anda mencari tempat ditempat keramaian dan ditempat dimana banyak lalu lalang kendaraan seperti dipinggir jalan raya. Anda tidak perlu bermodalkan besar untuk menyewa sebuah ruko, cukup kios kecil saja untuk awal permulaan.

Belilah estalase sebagai tempat jualan, dan untuk kebutuhan pulsa sendiri carilah agen pulsa terpercaya dan carilah agen pulsa yang menawarkan harga lebih murah, guna supaya anda bisa menjual pulsa dengan harga murah juga dan mampu bersaing dari pedagang pulsa lainnya. Dengan begitu banyak orang yang datang ke tempat anda dikarenakan harganya lebih mudah daripada counter pulsa lainnya. Sebagai pelengkap lainnya, anda bisa legkapi estalase dengan voucher internet dan kartu perdana.

3. Usaha Laundry

Banyak masyarakat terlalu sibuk dengan pekerjaan, juga anak kost yang sibuk dengan kuliah sebagian besar dari mereka memilih jasa laundry dikarenakan beberap faktor. Usaha laundry ini ada baiknya berlokasi di tempat yang strategis, misalnya di dekat adanya kampus (biasanya banyak kost) atau daerah perkotaan yang kita ketahui super sibuk.

Urusan modal jangan dikhawatrirkan, bisnis ini tidak membutuhkan modal 5 juta keatas. Marik simak perkiraannya.

Mesin cuci dan pengering = 2.700.000
Diterjen dan pewangi pakaian = Rp. 400.000
Gantungan (Hanger), buku catatan, ember dan lainnya = Rp. 400.000
Setrika 2 unit = Rp. 300.000

Total modal awal yang perlu anda siapkan sebesar Rp 3.800.000

Jika rata-rata anda mendapatkan permintaan jasa laundry anda 25kg/hari dengan harga yang anda tawarkan Rp.7000/kg maka pnghasilan anda perbulan adalah :

25 Kg X Rp.7000 x 1 bulan (30 hari) = Rp. 5.250.000

Jika anda memiliki pekerja, katakanlah gaji untuk pekerja anda Rp.650.000 dan tagihan listrik Rp.500.000 dan deterjen pewangi pakaian Rp. 400.000

Rp. 5.250.000 - Rp. 650.000 - Rp. 500.000 - Rp. 400.000

Jadi keuntungan bersih yang anda dapatkan adalah Rp. 3.700.000/bulan. Dengan memiliki modal dibawah 5 Juta Rupiah anda bisa membuka usaha yang menjanjikan ini.


4. Usaha Makanan Ringan (Snack)

Usaha ini bisa menjadikan bisnis dengan modal kecil yang sangat menjanjikan, makanan ringan ini biasanya berupa kripik singkong/pisang/kentang, opak dan lain-lainnya. Pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan makanan ringan jenis apa yang hendak anda jual,katakanlah kripik singkong. Buatlah merk sendiri agar usaha anda ini memberi kesan profesional, merk ini bisa anda tampilkan pada kemasan kecil kripik pisang anda. Modal usaha ini snagatlah kecil, bahkan jika semua perlatan umum ada dirumah (Kompor, alat penggoreng dan lain sebagainya) bisa jadi tidak memakan modal hingga 2 Rupiah. Anda bisa menitipkan pada warung-warung kelontong maupun kios-kios.

Jika bisa masukkanlah ke pasar tradisonal. Jika anda memiliki kemasan yang menarik dan memiliki merk sendiri, tentu mereka pasti akan menampungnya.

5. Jasa Usaha Cuci Motor (Doorsmeer)

Usaha ini memnag cukup menggiurkan, apalagi jika melihat tempat tinggal anda pun berlokasi ditempat yang strategis. Anda bisa menghemat uang dengan cara menggunakan halaman rumah anda sendiri untuk memulai usaha ini. Perkiraan modalnya sebagai berikut :

Kompresor mesin cuci motor (1 set) dengan harga Rp.3.600.000

Perakatan pembantu lainnya antara lain kanebo, shampoo, pengkilat motor semir ban dan lainnya katakanlah habis Rp. 250.000.

Jika anda mendapatkan permintaan jasa cuci motor dengan rata-rata 10 motor dan anda membuka harga Rp.12,000, jadi pendapatan anda sebulan adalah :

Rp.12.000 X 10 X 30 hari = Rp. 3.600.000.

Itu jika rata-rata perhari anda mendapatkan permintaan jasa cuci motor 10 motor, bayangkan jika lebih dari 10 motor perharinya.  Usaha ini memang terbilang menjanjikan karena masih banyak orang yang sibuk dengan aktivitasnya, sehingga mereka tidak memiliki waktu ntuk mencuci kendaraan mereka, maka mereka mencari alternatif dengan mencari jasa cuci motor.

Itulah 5 peluang usaha yang bermodalkan tidak lebih dari 5 Juta Rupiah, bagi anda yang sudha memiliki pekerjaan tetap anda tetap bisa menjalankan usaha ini sebagai pekerjaan sampingan saja, untuk menambah uang bulanan anda kan lumayan.

Semoga artikel ini menjadi inspirasi untuk anda yang ingin membuka usaha dengan modal kecil , dan semoga sukses !! 😉