Makna Kode Blue Screen Yang Sering Tampil Pada Laptop Penggunanya



omiska.com - Blue Screen atau bahasa indonesianya adalah Layar Biru adalah suatu kondisi laptop  dimana layar berbasis komputer menampilkan dengan latar belakang biru dan tulisan-tulisan yang terlihat menjengkelkan. Blue Screen atau bahasa inggrisnya adalah BSoD (Blue Screen of Death) terjadi pada saat operasi windows mengalami kesalahan sehingga sistem pun terpaksa menghentikan kinerjanya.

Blue Screen hanya dialami oleh pengguna windows, operasi sistem seperti Linux, iOS, Android dan Fedora aman dari Blue Screen. Ada beberapa penyebab suat komputer berbasis windows mengalami Blue Screen melalui pesan- pesan error yang ditampilkan pada Blue Screen, berikut ini adalah kode pesan error yang terjadi pada saat Blue Screen yang harus anda pahami sebelum mengatasinya :


1. Rusaknya Random Acces Memory (RAM) atau slot RAM 

Rusaknya RAM atau kesalahan pada slot RAM ditandai dengan peringatan kode seperti  DATA_BUS_ERROR atau PEN_LIST_CORRUPT. FYI penyebab Blue Screen kebanyakan disebabkan oleh kerusakan Hardware yang dialami oleh pengguna komputer berbasis windows. Seperti yang kita ketahui  fungsi sistem pada komputer berfungsi untuk menjembatani software, hardware, maupun brainware. Oleh sebab itu sistem pada komputer (Windows) akan berhenti bekerja jika hardware mengalami kesalahan atau kerusakan.

2. Memiliki Kesalahan Pada File System Komputer (Windows)

Bisanya pesan sepeerrti NTFS_FILES_SYSTEM dengan kode 0X00000024 atau pesan seperti FAT_FILES_SYSTEM dengan disertai kode 0X00000023. File yang digunakan pada komputer yang berbasis windows dantaranya adalag FAT,FAT32 & NTFS. Itu artinya jika komputer anda mengalami Blue Screen dengan pesan seperti diatas berati komputer maka penyebabnya adalah adanya kesalahan pada partisi Hardisk atau file system, yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek partisi Hardisk dengan perangkat lunak (Software) yang telah tersedia fitur untuk mengecek Hardisk (Check Disk).

3. Memiliki Kesalahan Pada Boot Sector Maupun Boot Device

Kerusakan atau kesalahan jenis ini biasanya ditandai dengan terjadinya Blue Screen dan disertakan dengan pesan kode INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE. Biasanya windows yang telah kita install secara default (bawaan) berada pada partisi (C:) dan oleh sebab itu file boot windows-nya berada pada pastisi hardisk tersebut.

4. Komponen Dalam Komputer Mengalami OverHeat (Panas Berlebih)

Penyebabnya ditandai dengan adanya terjadi Blue Screen beserta isi pesan kode UNIXPECT_KERNEL_MODE_TRAP dengan kode 0X0000007F atau pesan MACHINE_CHECK_EXPECTION. seperti yang sudah kita ketahui pernagkat elektronok meggunakan energi lisotrik untuk dapat beroprasi (bekerja). Mala sebaiknya anda menggunakan Cooling Pad yaitu semacam kipas portable yang biasanya ditempatkan dibawah laptop agar suhu dapat stabil. Tentu ini sangat mengjengkelkan apalagi jika laptop sudah beroprasi terus menerus tanpa henti dan secara spontan komputer menjadi lambat, dalam beberapa kasus tombol dan kursor berhenti berfungsi sebelum terjadinya Blue Screen.

5. Kesalahaan Pada Pengintsalan Driver

Kerusakan  atau kesalahanini ditandai dengan terjadnya Blue Screen dan disertakan dengan pesan kode IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X000000A atau pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE.  Ini terjadi disebabkan operasi sistem (Windows) tidak mmengindentifiasi dengan baik pernagkat terbaru (Driver yang teah di install) atau bisa dikatakan driver yang telah di instal pada laptop mengalami kerusakan atau Crash. Kerusakan ini biasanya terjadi pada saat peenginstalan driver setelah install ulang maupun pada saat mengganti VGA Card.

Nah itulah kode- kode Blue Screen yang sangat sering tampil pada saat terjadinya Blue Screen pada laptop yang berbasis windows, anda harus memahami betul apa kesalahan yang ada yang disampaikan lewat kode supaya kita tidak salah dalam bertindak, sekian poostingan pada hari ini, semoga membantu dan bermanfaat bagi anda.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel