Cara Mengetahui Jumlah Kata Pada Suatu Artikel Blog


omiska.com - Kebiasaan orang membuat artikel adalah lupa berapa kata yang sudah dituliskan, dan saya pribadi pernah loh hitung manual wkwkwk. Btw jumlah kata pada suatu artikel terjnyata memiliki pengaruh tersendiri loh, karena jumlah kata pada artikel yang anda tulis menunjukan kualitas blog anda tersendiri. Selain itu, jika anda ingin mengaitkan blog anda ke google adsense, sebaiknya perbanyaklah kata pada artikel anda, karena artikel yang berkualitas biasanya memiliki kata yang banyak dan panjang.

Menurut yang saya amati di beberapa artikel yang membahas akan hal ini, jumlah kata pada suatu postingan minimal 400-500 kata dalam satu postingan blog. Nah tidak lucu jika kita menghitung satu per satu kata yang telah kita tuliskan pada postingan, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tips keppada anda yang membaca artikel ini bagaimana caranya mengetahui jumlah kata pada suatu artikel yang sudah kita tulis.

1. Menghitung Jumlah Kata Di Website Word Counter (Online)

Seperti nama websitenya, website ini di bertujuan untuk menghitung jumlah kata pada sebuah artikel, website ini adalah sebuah tool penjumlah kata yang terbilang lengkap. Website ini dapat menyimpan tulisan anda yang telah anda pastekan disini, walaupun laptop anda sudah anda restart sekalipun, sama seperti Text Editor. Selain berfungsi untuk menghitung kata, tool online ini dapat meningkatkan pilihan kata serta gaya penulisan dan mendeteksi tata bahasa dan plagiarisme.

Tool online ini juga dapat menghitung jumlah kata, karakter, paragraph, kalimat yang telah anda pastekan di kolom yang telah disediakan


Cara menggunakan ya sebagai berikut :

  • Buka website https://wordcounter.net/ 
  • Kemudian copy seluruh kata pada artikel anda
  • Yang terakhir pastekan pada kolom besar yang sudah tersedia di beranda https://wordcounter.net/
  • Anda bisa melihat langsung berapa kata yang sudah anda tulis pada artikel anda


2. Menghitung Jumlah Kata Menggunakan Microsoft Word (Offline)

Seperti yang kita ketahui bersama, Miscroroft Word adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat dokumen yang berupa kata atau gambar, dan saya yakin setiap perangkat (Laptop/Pc) sudah menginstall perangat lunak ini dikarenakan ini adalah perangkat lunak yang universal. Karena ini adalah perangkat lunak pengolah kata, tentu disana sudah disediakan firur untuk mengetahui jumlah kata yang teah dituliskan oleh penggunanya. 

Dan menurut saya, Microrosft Word ini sangat cocok dan memenuhi syarat untuk menjadi tool untuk mengetahui jumlah kata secara offline.

Caranya menggunakannya sebagai berikut :

  • Buka Microsoft Word (Pastikan sudah menginstal pada perangkat anda)
  • Lalu copy seluruh kata pada artikel anda
  • Kemudian pastekan pada Microsoft Word
  • Anda bisa melihat jumlah kata yang telah anda tulis di artikel di pojok kiri bawah


3. Menghitung Jumlah Kata Di Website Word Count Tool

Cara ini sama dengan cara pertama, cuma berbeda websitenya saja. Tool Online ini berfongsis sebagai penjumlah kata yang sudah anda tuliskan pada kolom yang tersedia.

Cara mengginakannya sebagai berikut :

  • Buka website https://www.wordcounttool.com/ (Sama seperti cara pertama)
  • Copy seluruh kata paada artikel anda
  • Kemudian pastekan pada kolom yang sudah tersedia pada beranda website tersebut
  • Anda dapat melihat langsung berapa kata yang sudah anda tuliskan pada artikel yang telah anda tulis

4. menghitung Jumlah Kata Di Website Wordcalc

Satu lagi yang tool online yang saya rekomendasikan bagi anda yang ingin melihat jumlah kata pada suatu artikel, fungsinya sama dari 2 tool online diatas yaitu untuk menghitung jumlah kata pada artikel. Namun bedanya anda harus menekan submit dulu untuk mendapatkan lapooran jumlah kata pada artikel anda.


Cara menggunakannya sebagai berikut :

  • Buka websitenya http://www.wordcalc.com/
  • Copy seluruh kata yang ada pada artikel anda
  • Kemudian pasterkan pada kolom beranda pada tool wordcalc
  • Dan terakhir klik submit agar mendapat laporan jumlah kata yang sudah anda tulis

Itulah cara supaya anda bisa mengetahui jumlah kata pada artikel yang telah anda tulis, jadi anda tidak perlu capek dan membuang waktu untuk menghitung kata menggunakan cara manual. Semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih 😉

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel