Cara Mengatur robot.txt Beserta Mengatur Robot Header Tags Yang Aman Untuk Blog



omiska.com - Mengatur robot.txt bertujuan supaya Search Engine mudah merayapi blog anda,  Sehingga artikel yang anda buat dapat cepat terindex. file robot.txt ini terutama digunakan untuk menghindari pemuatan berlebihan pada suatu blog. Dalam mengatur robot.txt ini anda harus sangat berhati-hati dikarenakan jika anda melakukannya / mengaturnya dengan benar, maka blog anda akan SEO Frendly, dan sebaliknya jika anda mengaturnya kurang tepat atau asal-asalan maka blog anda akan di abaikan oleh mesin pencari dan artikel anda tidak akan muncul di hasil pencarian.

Mengingat hal tesebut, kita harus mengaturnya dengan tepat karena dampaknya positif maupun negatifnya sangat besar. Dan perlu diketahui pengaturan robot.txt ini sudah aktif disaat anda memulai blogging, dan jika anda perlu tambahan pengaturan supaya blog anda lebih SEO Friendly maka simak tutorial dibawah ini , KUY !!

Buka menu Setelah -> Preferensi penelusuran -> Perayap dan pengindeksan -> Klik Edit pada robot.txt khusus


Kemudian klik Ya dan isi kode seperti dibawah ini

User-agent: *Allow: /Disallow: /search Sitemap: https://www.bloganda.com/sitemap.xml

 Lalu klik Simpan Perubahan

Keterangan :

User-agent : Nama robot mesin pencari
Allow : Direktori yang diizinkan dirayapi oleh robot User-agent
Disallow : Direktoro yang tidak diizinkan dirayapi oleh robot User-agent
Sitemap : Alamat peta situs blog anda (Gunakan alamat sitemap anda sendiri)


Tahap selanjutnya Mengatur Robot Header Tags


Masih pada Perayap dan pengindeksan, klik Edit pada bagian Tag tajuk robot khusus dan klik Ya untuk mengaktifkannya. Lalu anda bisa menyamakan pengaturannya seperti pengaturan dibawah ini :


Dan jika sudah diatur anda cukup klik Simpan perubahan.

Gimana teman-teman? mudah bukan? dengan mengatur robot.txt blog anda akan mudah di rayapi oleh mesin pencari, dan saya sarankan jangan menunggu prosesnya, biasanya memakan waktu seminggu atau berminggu-minggu. Hanya itu saja tutorial pada artikel ini semoga bermanfaat untuk anda. Menyesuaikan robot.txt sangatlah berpengaruh untuk SEO dan akan berdampak buruk jika anda mengatur robot.txt tidak tepat.

Semoga berhasil 😉






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel