Cara Membuat Thumbnail Youtube di Photoshop Lengkap Dengan Ukurannya



omiska.com - Halo !! maaf ni saya jarang ngepost dikarenakan sibuk ngurusi urusan dunia nyata hehe. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuta thumbnail untuk tampilan depat pada video youtube anda. Seperti yang kita ketahui thumbnail yang menarik akan membuat video anda cepat di tonton oleh publik, apalagi thumbnail ClickBait (Video tidak semenarik atau sesuai dengan thumbnail). Ada banyak cara membuat thumbnail untuk video youtube, selain photoshop yang mengharuskan anda menggunakan laptop untuk membuatnya , anda juga bisa membuat thumbnail dari aplikasi android. 


But, menurut saya bagi anda yang sering menggunakan laptop untuk proses editing, anda bisa menggunakan photoshop supaya tidak ribet mengirim file dari android (Sebagian ada juga youtuber yang menggunakan android sebagai media editing), anda tinggal save dan langsung bisa di terapkan pada video youtube anda. Lalu bagaimana caranya? berapa ukurannya? Mari disimak..


1. Pastikan anda telah menginstall Photoshop (Versi bebas)
2. Kemudian anda klik File - pilih New (Ctrl + N) 
3. Insert ukuran 1280x720 Pixels dan Resolusinya 300 seperti contoh dibawah ini dan klik OK


Nah sekarang anda sudah memiliki file PSD dengan ukuran standart untuk embuat sebuah thumbnail, sekarang anda tinggal mencari gambar yang akan anda insert pada file PSD tersebut, jika anda ingin mengambil gambar dari internet cukup dengan mengcopy atau salin gambar tersebut dengan cara mengklik kanan dan klik salin gambar pada gambar pilihan anda.



 kemudian pastekan pada file PSD yang telah anda buat dengan menekan tombol Ctrl + V


Untuk memperbesar gambar supaya ukurannya anda cukup menekan tombol Ctrl + T dan perbesar serta geser gambar hingga memenuhi layar. Dan mulailah berkreasi dengan menambahkan tulisan atau hal lainnya yang membuat thumbnail anda jadi menarik. 

Jika anda menggunakan gambar yang telah anda simpan, anda cukup klik File - dan pilih Open atau anda bisa menekan tombol Ctrl + O untuk mengimport gambar, kemudian pilih gambar pilihan anda lalu telah Enter.

Selamat mencoba 😉