7 Langkah Investasi Emas Yang Benar Dan Aman



omiska.com -  Investasi emas cenderung sangat menguntungkan dikarenakan harganya naik terus walau di beberapa waktu sempat turun. Kelebihan emas antara lain gak gampang rusak, kebal inflasi, sesiko yang minim, bisa mulai dengan modal yang kecil dan banyak lagi. Cara investasi emas terbilang tidak sulit, semua orang mampu dan mudah dimengerti dengan investasi emasa ini.

Jenis emas bisa berupa emas koin, emas batang maupun perhiasan. Jika untuk investasi sebaiknya anda memlikih emas batangan mengingat emas batangan sering digunakan untuk inestasi selain saham, obligasi, deposito bank, maupun reksadana. Anda bisa membelinya ditempat yang terpercaya. Nah berikut ini adalah cara investasi emas yang benar dan pastinya menguntungkan.

1. Tujuan Investasi Emas

Patinya dong setiap orang yang berinvestasi memiliki tujuan yang pastinya mengharapkan keuntungan besar dikemudian hari, dan tak terkecuali investasi emas. Sebelum anda berinvestasi emas ada baiknya anda berfikir lebih matang dan tanyakan kepada diri sendiri apa tujuan anda disini?

Katakanlah dalam beberapa tahun kedepan anda akan memberangkatkan umroh orang tua and, membeli mobil, tanah, atau rumah sekalipun.

Jika anda sudah memiliki tujuan maka anda harus konsisten disini dan jika mampu belila emas besarar sesuai kemampuan anda. Jika semakin lama anda berinvestasi emas maka semakin banyak pula yang anda dapatkan atau peroleh sebagai barang incvestasi.


2. Cek Harga

Setelah memiiki tujuan, maka anda cek dulu harga emas (batangan) dipasaran, anda juga bisa mengecek harga emas di internet. Selain mengecek harga emas via internet anda juga bisa cek harga emas secara konvensional, anda dapat mendatangi toko emas di kota tempat anda tiinggal  dan menanyakan harga emas terkini.

Perhatikan dan pastikan waktu yang tepat untuk membeli emas, jika emas dikabarkan sedang turun maka anda bisa membelinya dan itu watu yang tepat untuk berinvestasi. Jika harga naik anda sebaiknya menundanya dulu hingga harga emas turun.

3. Menentukan emas yang akan anda beli

Jika anda sudah mengecek harga emas, maka saatnya anda tentukan berapa besaran emas yang akna anda beli untuk anda investasikan.

4. Tentukan priode waktu pembelian emas

Setelah anda menentukan berapa besaran emas yang akan anda beli, tentujan juga priode waktu pembelian emas untuk diinvestasikan. Katakanlah anda sudah menentukan 3gr emas yang akan anda investasikan tiap bulannya, jika harga emas pergramya Rp.650.000 maka anda harus mengeluarkan uang Rp.1.950.000 untuk di investasikan. Jika anda berencana investasi emas selama 10 tahun atau 120 bulan, jika harga emas stabil maka setiap bulannya anda mengeluarkan uang untuk membeli emas Rp.1.950.000 X 120 bulan maka hasilnya = Rp.234.000.000.

Perlu diketahui perhitungan diatas adalah angka pembelian emas secara perkiraan saja, itu belum dihitung harga kenaikan emas setiap bulannya, dan pastinya harga emas akan naik terus bukan?

5. Menentukan tempat pembelian

Berinvestasi emas akan aman jika anda membeli emas ditempat yang terpercaya pastinya. Anda me.stinya car tahu dahulu tempat membeli emas yang resmi di daerah anda. Mengingat sekarang sudah banyak kasus kejahatan berupa penipuan. Beberapa tempat yang untuk menbeli emas yang dudah terjamin antara lain adalah : PT. Pegadaian, Kantor Pusat Antam, Unit Bisnis Antam, Bank Syariah, dan PT.Pos Indonesia.

6. Periksa kondisi emas yang akan anda beli

Anda sudah menjalani beberapa langkah diatas, maka kini saatnya anda memastikan dan memeriksa emas yang anda beli itu adalah asli. Jangan sampai emas yang anda terima adalah emas palsu, pastikan emas dalam kondisi mulus dan tidak cacat. Ajaklah orangtua anda maupun kerbaat anda yang telah berpengalaman dan ahli dalam memilah emas agar anda tidak tertipu dengan penjual emas.

7. Memilih tempat penyimpanan emas yang aman

Setelah anda membeli emas, langkah selanjutnya adalah anda memilih tempat yang aman untuk  penyimpanan emas.


  • Anda dapat menyimpannya didalam brankas baja untuk menghindari pencurian. Tentu anda harus mengeluarkan modal sedikit banyak untuk membeli brankas baja, tapi apa salahnya mengeluarkan sedikit banyak uang untuk keamanan tabungan emas anda bukan? jadi anda bisa sedikit lega karena emas anda sudah aman dalam brankas.

  • Anda juga bisa menyimpannya di Brankas (Berencana Aman Kelola Emas) di  PT Antam , Brankas ini memiliki sistem keamanan 24 jam , cukup ketat bukan? biaya keanggotaan tahunan minimal Rp.300.000 pertahunnya.

  • Selain itu, anda bisa menyimmpannya pada layanan jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang disebut Safe Deposit Box. Biasanya layanan ini dikeluarkan oleh pihak bank.


Nah, begitulah cara investasi emas yang benar dan aman, semoga rencana investasi emas anda akan terwujud dan bisa sukses seperti mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat 😉