7 Ide Usaha Untuk Bulan Puasa Yang Sangat Cocok Dilakukan (Untuk Menambah Uang Lebaran)


omiska.com - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, yaa bulan penuh berkah yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Biasanya para pelaku bisnis pasti memiliki ide cemerlang untuk berjualan pada bualn puasa, memang ini adalah usaha musiman namun apa salahnya jika dilakukan/tekuni, lagian kan lumayan bisa menambah uang lebaran hehe. Suasana bulan Ramadhan di indonesia sangat khas dengan orang-orang yang berjualan takjil di pinggir jalan dan berjualan makanan untuk makan sahur, berjualan pakaian dan lain-lain. Namun bagi anda yang ingin membuka usaha yang akan anda jalankan pada bulan Ramadhan dan bingung ingin membuka usaha apa, ada baiknya anda simak terus artikel ini mungkin akan membuat anda terinspirasi dari ide-ide usaha yang sangat cocok dilakukan pada bulan Ramadhan.

1. Jualan Minuman Untuk Berbuka Puasa

Anda tau dong bagaimana rasanya berpuasa, dipanasnya matahari anda tetap harus menahan diri dari keinginan untuk minum dikarenakan haus, pastinya banyak orang akan mencari minuman dingin yang menyegarkan untuk pelepas dahaga untuk berbuka puasa menjelang magrib. Beberapa minuman segar yang cocok anda jual pada bulan Ramadhan antara lain adalah : Es Campur, Es Dawet, Es Buah dan minuman dingin lainnya. Jika anda tidak memiliki lapak untuk jualan, maka anda bisa kok menitikan dagangan anda ke warung-warung yang bersedia menampungnya.

2. Jualan Kue Untuk Berbuka Puasa

Kebanyakan orang lebih memilih makan sedikit ketika berbuka puasa, biasanya mereka hanya makan makanan ringan seperti kue, kurma, takjil dan lain sebaainya dikarenakan mereka ebih memilih menunda berbuka puasa setelah shalat magrib, jadi anda tidak perlu ragu untuk berjualan kue untuk berbuka puasa.

3. Jualan Takjil

Kurang lengkap rasanya jika berbuka puasa tanpa takjil, itulah pendapat sebagian besar orang-orang di indonesia. Takjil ini biasanya disantap ketika baru berbuka puasa sebelum makan nasi, jadi jangan heran jika penjual takjil menjamur di mana-mana dikarenakan usaha musiman ini sangan menjanjikan. Jika anda tidak memilik lapak untuk jualan anda bisa menitipkan dagangan anda di warung-warung terdekat yang bersedia menampung dagangan anda. Takjil yang biasanya di jual antara lain adaah : Gorengan, Kolak, Kurma, dan lain sebagainya.


4. Jualan Baju

Usaha ini juga cocok anda lakukan pada bulan Ramadhan, biasanya orang-orang akan mencari pakaian muslim dan muslimah, serta baju anak-anak. Terlebih ketika hampir lebaran orang-orang pasti lebih ramai untuk membeli baju-baju muslim dan muslimah, anda juga bisa berjualan peci, sajadah, sarung dan peralatan ibadah lainnya. Jangan meremehkan baju anak-anak, ternyata baju anak-anak lebihh laku loh ketimbang baju orang dewasa, jika anda mampu jadikan ini bagian dari usaha anda. 

Berjualan baju jika anda tidak memiliki modal yang banyak anda dapat menjadi reseller atau dropshipper. Tapi yang paling mudah dilakukan dan meminimalisir kerugian adalah Dropshiper, dikarenakan anda tidak perlu adanya penyetokan barang. Anda dapat mengupload foto-foto di media sosial ketika ada yang megorder anda tinggal menghubungi supplier untuk mengirimkan barang ke alamat konsumen mengatasnamakan anda.

5. Jualan Kue Lebaran

Usaha ini memang sangat cocok dilakukan pada akhir-akhir puasa, para konsumen akan membeli kue-kue anda untuk disimpan menjelang lebaran tiba. Jika anda memiliki basic membuat kue usaha ini sangat cocok untuk anda lakukan pada akhir-akhir Ramadhan, masalah untung jangan diragukan lagi. Bagi anda yang tidak bisa membuat kue, anda dapat menjual kue curah dari pabrik. Makanan kecil seperti wafer, oreo, dan lainnya biasanya memiliki curah. Anda dapat mencar tempat kulakan curahnya di daerah anda sendiri dna menjualnya dengan cara menaikan sedikit harganya. Anda uga dapat menjual snack kiloan dan memasukkan dalma kemasan menarik seperti toples dan plastik yang telah anda custom semenarik mungkin. Jika anda tidak memiliki lapak, anda bisa menitipkan di warung-warung di daerah tempat tinggal anda yang bersedia menampung dagangan anda. 

6. Jualan Parsel Untuk lebaran

Biasanya menjelang lebaran banyak orang yang mencari pasrel yang akan mereka bagikan pada orangrua di kampung, sanak saudara, dan para kerabat. Parsel biasanya berisi makanan serta minuman ringan, parsel kue (kering) hingga parsel sembako.

Modal memang terbilang besar, jika parsel yang ada jual laku semua omset yang anda terima juga besar. Anda dapat menitipkan parsel di toko-toko di daerah anda tinggal, juga anda dapat mempromosikan pada kerabat-kerabat atau rekan kantor.

7. Jualan Kembang Api

Hmm memang usaha ini terbilang agak berbahaya, tapi usaha ini memang sangat laku dan pembelinya pun pasti anak-anak. Saya tidak memberikan penjelasan sepanjang penjelasan diatas, anda pasti mengerti hehe. Tapi berjualan kembang api memang sangat menguntungkan apalagi pada akhir-akhir bulan Ramadhan yaitu menjelang hari raya Idul Fitri.

Bulan puasa bukan hanya memberikan keberkahan bagi orang-orang yang berpuasa, juga memberikan keberkahan bagi penjual-penjual yang aktif pada bulan Ramadhan.

Semoga kita semua di panjangkan umur dan kesehatan sehingga kita masih dapat menjalankan ibadah Puasa pada bulan Ramadhan ini. 

Semoga terinspirasi dan semoga sukses 😉