4 Keunggulan Menggunakan Domain TLD

4 Keunggulan Menggunakan Domain TLD



omiska.com - Pernahkan anda mengunjungi blog-blog besar? bisa itu berupa blog kesehatan, pengetahuan, tutorial dan lain sebagainya. Kita merasa nyaman membaca blog-blog tersebut dikarenakan penyampaian berupa tulisan dapat mudah dicerna dan sangat menarik untuk dibaca. Sekarang coba anda sebutkan blog faforit anda di kolom komentar 😅.

Jika diperhatikan, bolg-blog besar tersebut pasti menggunakan domain com, net, xyz,id dan lain sebagainya, dan menurut saya seharusnya blog memang seharusnya memakai akhiran (Domain) seperti itu. Tidak salah juga misal kita masih menggunakan akhiran blogspot.com, wordpress.com dan akhiran standart blog lainnya, cuma alangkah baiknya kita memakai TLD atau (Top Level Domain). Anda merasa risih gak? misalnya ada seseorang yang meminta alamat website/blog anda, dan anda masih memakai seperti blogspot.com atau wordpress.com? misalnya "omiska.blogspot.com" kan agak ribet, nah jika memakai TLD anda bisa mempersingkat, misalnya menjadi omiska.com. Jadi apa alasannya mengapa blog harus diterapkan TLD? Staytune disini terus yaa !!



1. Lebih mudah di ingat orang

Nah, seperti yang saya katakan tadi, jika anda memakai TLD blog anda sangat mudah diingat oleh orang lain, dan membuat familiar di telinga-telinga orang, coba jika anda masih menggunakan blogspot.com atau wordppress.com, bisa jadi orang-orang susah mengingat, akhir cerita mereka mencari blog lain yang mudah dingingat oleh mereka. Sekarang anda bandingin deh, lebih baik memakai domain yang standart atau TLD?

2. Terlihat lebih profesional

Jika anda menggunakan TLD seperti com, net, id dan lainnya, blog anda akan terlihat profesional, dan seperti yang saya kataan tadi para pengunjung mudah mengingat alamat blog anda, coba kita membandingkan jika anda dipertemukan sebuah blg yang menjual pakaian, anda memilih pakaianmurah.bl0gspot.com atau pakaianmudah.c0m? pasti anda akan memilih pakaianmurah.0m bukan? blog menggunakan TLD menunjukan sisi profesionalitasnya dan otomatis akan membuat para pengunjung pecaya dengan blog anda.

3. Cepat terindex oleh Google

Kelebihan ketiga adalah blog atau website anda akan cepat terindex oleh google. FYI tidak semua domain bisa terdaftar di google, domain memiliki authority , so google gak sembarangan dong tampilin link halaman. Sebelum anda memilih domain, pastikan domain tersebut tidak pernah dipakai oleh siapapun, dikarenakan bisa sianggap spam oleh google dan rawa banned. Sebelum membeli domain ada baiknya anda mengeceknya di http://whois.domaintools.com/. Tulis nama website beserta domain yang akan anda beli, contoh domain bekas yang pernah dipakai akan tertulis "Deleted and available again". 

4. Meminimalisir kesia-siaan

Ya memang mungkin kita terlalu tertarik dengan hal-hal yang gratisan, yaa misalnya membual blog tapi masih menggunakan domain blogspot.cm dan worpress.com. Tapi banyak orang kurang tertarik dengan blog yang masih memakai domain bawaan dari platform secara gratisan, dikarenakan blog anda terlihat diragukan dan yang lebih parahnya lagi blog anda akan dianggap abal-abal. Nah , kan sia-sia padahal anda siang malam memproduksi konten tapi blog anda jarang dikunjungi karena dianggap blog abal-abal. Maka ada baiknya saya sarankan gunakanlah TLD.  Lebih baik anda dari awal mengeluarkan sedikit modal sebagai langkah awal membuat blog anda menjadi profesional ketimbang blog anda dari awal sudah dianggap blog abal-abal.

Nah hanya itu saja keunggulan menggunakan domain TLD (Top Level Domain) dari saya, semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmpu mengetahuan blogging bagi teman-teman.


See you ...

Anda mungkin menyukai postingan ini