CARA MENGECEK KECEPATAN LOADING SUATU BLOG



omiska.com- Kecepatan loading suatu blog memang sangatlah penting. Karena semakin cepat loading untuk menampilkan konten semakin cepat pula pengunjung dpaat membaca isi blohg tersebut. Sehingga akan menjadi nilai Plus tersendiri pada suatu blog dan pengunjung akan puas dengan blog tersebut. Mungkin anda yang berperan sebagai blogger, sebelum anda menjadi blogger anda pasti sangat risih jika menemukan sesuatu yang anda cari disuatu blog dan loading pada blog tersebut terbilang lama.

Dengan demikian kecepatan loading pada suatu blog seharusnya harus selalu diperhatikan bagi para pemilik blog. Jika ingin menjadikan blog anda populer dan disukai banyak pengunjung jangan sepelekan hal sekecil ini karena dampaknya sangatlah besar.  Selain itu google juga menyukai blog yang Fast loading sehingga kita dapat juga meningkatkan nilai SEO blog tersebut.


Apa penyebab loading lambat pada blog?

  • Template blog yang mungkin didalamnya terdapat banyak source HTML/Javascript
  • Terlalu banyak widget pada blog
  • Banyak menginstal plugin pada blog
  • Ada masalah di hosting, saya merekomendasikan sering-sering mengecek koneksi Cpanel blog anda
  • Terlalu banyak file gambar atau file lainnya di blog


Lalu bagaimana anda mengetahui seberapa cepat loading blog anda? saya sudah menyiapkan beberapa website yang saya rekomendasikan untuk menguji seberapa cepat loading blog anda.

1. GTmetrix

Sesuai dengan tagline yanh dimiliki "Analyze your site's speed and make it faster" GTmetrix menediakan fitur untuk mengukur seberapa cepat sebuah blog dan juga menganalisa suatu blog. Website ini menjabarkan secara rinci parameter yang menjadi kunci terpenting keceppatan sebuah blog, jadi kita bisa dengan mudah mengetahui parameter apa yang membuat blog kita menjadi lambat. Website ini juga memberikan tips dan solusi terbaik supaya blog kita menjadi Fast loading. Anda bisa mengunjugi websitenya :

https://gtmetrix.com/

2. Google Pagespeed

Ini adalah suatu alat buatan Google yang gunanya untuk mengukur kecepatan suatu blog, dengan menggunakan Google Pagespeed anda dapat mengetahui nilai kecepatan blog versi desktop maupun mobile. Selain itu disini juga terdapat info tentang apa saja yang perlu ditingkatkan supaya blog anda menjadi Fast loading. Anda dapat mengunjungi  :

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ 


3. Pingdom

Ini adalah sebuah website yang menyediakan fitur pemindai kecepatan loading suatu blog dengan parameter yang sangat lengkap, dan website ini menjadi salah satu website pengkukur kecapatan loading suatu website yang paling terpercaya. Anda bsia megunjungi websitenya  :

https://tools.pingdom.com/

Demikianlah cara mengecek kecepatan suatu blog dan memberika kesimpulan pada blog tersbut, dengan informasi yang detail yang diinfokan oleh website rtersebut jadi anda sebagai blogger dengan mudah memperbaiki penyebab blog anda menjadi lambat.

Seamat mencoba !!