Cara Menjadwalkan Publikasi Video Di Youtube


omiska.com - Biasanya Content Creator Youtube mengupload video secara konsisten, jika mereka mengupload jam 5 sore disetiap hari , maka kebiasaan itu akan dilakukan berulang-ulang. sebagian subscriber yang sudah lama men-subscribe channel tersebut selalu menunggu video-video terbaru pada waktu tertentu. Disinilah konsistensi berperan penting untuk mendapatkan views yang banyak  ketika video baru saja di upload oleh pemilik channel. 

Sekarang kita bayangkan, misalnya content creator menyediakan video terbaru disetiap jam 5 sore, tentunya dia (Pemilik Channel) harus mengupload sebelum jam 5 sore, ini semua  juga tergantung kecepatan internet yang digunakan, misalnya sangat lambat bahkan 1 jam pun tak kunjung selesai. Tidak masalah jika video terbaru telat terpublikasi beberapa menit saja, lalu bagaimana jika telat berpuluh-puluh menit tau sampai telat 1 jam? pastinya subscriber kecewa dong, apalagi jika mereka malas menunggu atau bahkan mereka berfikir pada hari itu anda tidak mengupload video baru, maka mereka pun akan melanjutkan rutinitasnya. Sangat disayangkan jika video yang baru saja kita upload diabaikan oleh subscriber kita kan? 

Mungkin anda bisa menguploadnya lebih awal, misalnya siang aatupun pagi. Anda bisa menggunakan fitur "Jadwalkan" yang tersedia di youtube seperti pada gambar dibawah ini.




Dan tentukan waktunya seperti yang terlihat dibawah ini.


Dan proses upload sedang berlangsung, cepat atau lambat tergantung kondisi jaringan yang anda gunakan, jika jaringannya baik maka video akan lebih cepat ter-upload. 


Sambil menunggu video anda selesai ter-upload anda bisa optimasi video anda, seperti memberikan judul yang menarik, mengisi deskripsi, mengisi tags yang sesuai pada kolom tags yang sudah disediakan, dan gunakan waktu tersebut untuk membuat thumbnail yang menarik supaya subscriber anda tertarik dengan video yang baru saja anda upload. Usahaka thumbnail video harus sesuai dengan isi video, dalam beberapa kasus banyak netizen kesal karena tertipu dengan thumbnail yang menarik, dan ternyata videonya tida semenarik dengan thumbnail atau orang sering mengatakan (Clickbait).

Dan ketika proses upload selesai, anda bisa klik Publikasikan dan secara otomatis video akan terpublikasi sesuai dengan waktu yang anda tentukan.

Nah, itulah cara menjadwalkan publikasi video di youtube, memang persoalannya sederhana tapi dampaknya sangat besar bukan? semoga artikel ini dapat membantu anda, dan terimakasih telah berkunjung.